Tuesday, April 10, 2012

Karangan global warming


KECOA TURUT BERTANGGUNG JAWAB !
Sekarang banyak sekali perubahan alam seperti es di kutub utara dan selatan semakin berkurang atau mencair, gunung- gunung yang di hiasi es di puncaknya  kini semakin berkurang ketinggiannya bukan disebabkan gempa bumi tapi karena es di puncaknya telah mencair, iklim sekarang semakin tak menentu, cuaca pun mulai tak dapat di perkirakan pada musim kemarau banyak hutan yang terbakar,  suhu semakin tak wajar ketika siang hari sangat panas bahkan para ahli mengatakan suhu seperti ini bisa menyebabkan kanker kulit   ketika malam hari suhu sangat dingin.

 manusiapun bertanya apa yang menyebabkan itu semua? , itu semua di akibatkan oleh global warming.   global warming adalah kata yang tidak asing lagi di zaman sekarang ini tapi apakah kalian tahu arti dari global warming ?
Global warming adalah meningkatnya suhu rata rata pada atmosfer laut dan bumi. Apakah kalian tahu apa saja yang menyebabkan global warming? penyebab global warming  diantaranya  adalah gas buangan dari tubuh kecoa . Apakah selama ini kalian tau bahwa kecoa juga turut berperan dalam terjadinya global warming.
Predikat hewan terjorok tidak salah diberikan pada kecoa mengapa demikian wajar saja karena Studi menunjukkan bahwa kecoa kentut rata- rata  tiap 15 menit sekali , pada saat kecoa kentut dia mengeluarkan gas metana .gas metana inilah yang menyebabkan global warming  Bahkan setelah mati, mereka akan tetap melepaskan metana hingga 18 jam. Dalam skala global, gas dalam perut serangga diperkirakan menyumbang 20% dari semua emisi metana. Fakta ini menempatkan kecoa sebagai salah satu kontributor terbesar global warming.
Jadi  apakah kecoa benar benar bertanggung jawab oleh terjadinya  global warming haruskah kecoa menahan hasrat ingin buang angin nya ! Coba kita telusuri lagi apakah ada penyebab lainnya atau hanya kecoa yang  bertanggung jawab atas global warming  ternyata bukan hanya kecoa yangbertanggung jawab ya jadi siapa lagi.
 Tak lain dan tak bukan adalah kita manusia. Benar sebagai penghuni di bumi yang berada di puncak rantai makanan manusia harusnya turut bertanggung jawab atas kejadian ini semua . tahukah kalian semua selama ini kita terlalu terlena dengan keindahan alam dan sumber dayanya sehingga membuat kita melupakan akan akibat- akibat apa  saja yang akan terjadi  ketika kita melakukan ini dan itu.
Kita juga lupa untuk memperbaiki alam yang telah kita rusak sekarang sehingga tuhan memperingatkan kita dengan memberikan gejala- gejala alam untuk mengingatkan bahwa alam ini bukan sepenuhnya milik kita . ternyata ada beberapa kegiatan atau aktifitas manusia di bumi yang berdampak pada global warming  antara lain adalah
1.  Efek rumah kaca mengapa demikian karena :
Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Sebagian besar energi tersebut berbentuk radiasi gelombang pendek, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini tibadi permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar.
 Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi.
              Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat. Gas-gas tersebut berfungsi sebagaimana gas dalam rumah kaca. Dengan semakin meningkatnya konsentrasi gas-gas ini di atmosfer, semakin banyak panas yang terperangkap di bawahnya.

               Efek rumah kaca ini sangat dibutuhkan oleh segala makhluk hidup yang ada di bumi, karena tanpanya, planet ini akan menjadi sangat dingin. Dengan temperatur rata-rata sebesar 15 °C (59 °F), bumi sebenarnya telah lebih panas 33 °C (59 °F)dari temperaturnya semula, jika tidak ada efek rumah kaca suhu bumi hanya -18 °C sehingga es akan menutupi seluruh permukaan Bumi. Akan tetapi sebaliknya, apabila gas-gas tersebut telah berlebihan di atmosfer, akan mengakibatkan pemanasan global.
2. polusi ini di sebabkan oleh banyak nya kendaraan bermotor di muka bumi ini yang menggunakan BBM sehingga mengeluarkan gas buang berupa gas karbonmonoksida  gas ini pun lama lama menumpuk di atmosfer lalu menyebabkan rusaknya ozon ( O3) , ozon adalah lapisan pada atmosfer yang melindungi bumi dari pancaran sinar matahari sehingga ozon pun rusak dan menyebabkan sinar matahari mudah masuk ke bumi maka terjadilah pemanasan global
3. menebangi pepohonan di hutan ini dapat berdampak pada atmosfer karena hutan tempat berbagai macam pohon, pohon  adalah alat yang berperan dalam memperbaiki atmosfer tetapi jika di tebangi terus menerus jumlahnya akan berkurang sehingga perbaikan atmosfer pun jadi terhambat lalu akan terjadi global warming
Nah itulah contoh contoh penyebab global warming yang berasal dari manusia tetapi tenang semuanya ada solusinya asal kan manusia mau berubah dari sekarang ini adalah cara agar global warming dapat dihentikan diantaranya adalah
Jangan membuat efek rumah kaca yang berlebihan karena gas dari rumah kaca yang menumpuk di atmosfer akan menyebabkan radiasi yang meningkatkan pemanasan.
Menggunakan bahan bakar yang berasal dari sumber daya yang dapat di perbarui dan tidak menghasilkan gas buangan seperti listrik minyak ethanol bahan bakar dari alcohol dan bahan bakar lainnya yang tak menghasilkan gas buang serta mudah di perbarui
Mulai beralih ke pembangkit listrik yang tidak menggunakan bahan bakar minyak  karena penggunaan bahan bakar minyak yang banyak pun akan menghasilakan gas buang yang dapat merusak atmosfer berikut contoh pembangkit listrik  yang memanfaatkan  tenaga yang telah ada di alam seperti PLTA ( pembangkit listrik tenaga air ) , PLTS (pembangkit listrik tenga surya)  pembangkit listrik tenaga ombak air laut , dll
Tidak membiarkan perang terjadi karena perang juga sangat berbahaya karena pada saat perang kita menggunakan bahan bahan berbahaya bahkan bahan radioaktif pun sering dijumpai  di dalam alat alat perang terutama dibagia amunisi perang ketika perang berlangsung, zat zat tersebut akan mengotori udara di dalam bumi bahkan bahan radio aktif bisa memancarkan radiasi yang berdampak pada kesehatan maka jangan sempat perang antara 2 belah pihak yang berbeda kita biarkan karena selain penyebab global warming juga bisa merusak kesehatan kita dan orang- orang yang tak bersalah dalam perang tersebut.
Melaksanakan setiap kegiatan yang dapat menjaga kelestarian hutan dibumi ini seperti reboisasi dan menanami daerah lahan kosong dengan pepohonan tidak membiarkan hutan produksi menjadi gundul setelah penggunaannya  mengurangi penggunaan pepohanan jika harus digunakan tetapi tetap dijaga kelestarianya selalu. 


Dengan semua upaya usaha dan doa kita pasti bisa memperbaiki alam kita dan menghentikan global warming yang mulai mewabah di bumi kita  tidak dengan cara melakukan sebuah riset  dengan uang yang besar jumlahnya untuk mengetahui bagaimana cara agar kecoa dapat dihentikan kentutnya atau mengumpulkan ratusan atau semua kecoa di muka bumi untuk dimusnahkan tapi marilah kita alihkan uang yang banyak dan besar jumlahnya itu untuk mulai melakukan perubahan berupa semua langkah yang telah ditemukan untuk menghentikan global warming ini .
Global warming ini tidak akan berhenti sampai ada yang menghentikan jadi siapa yang harus menghentikan jawabannya adalah kita semua yaitu umat manusia yang berada di muka bumi ini.

Author:

0 comments: